Modifikasi Mesin Kapal | Kapal Ikan | Kapal Kayu | Kapal Angkut dll
Marinized engine adalah mesin diesel otomotif yang
dimodifikasi untuk dapat di pergunakan sebagai mesin kapal,seperti
kapal ikan, kapal kayu, kapal penyebrangan, kapal angkut antar pulau
dsb. mesin diesel yang dimodifikasi hanya terbatas pada kapasitas untuk
ukuran medium kebawah ( 70 hp ~ 430 hp) merk merk tertentu saja. Pada dasar nya marine engine & engine darat (otomotif ) adalah base nya sama. Mengubah diesel engine otomotif untuk penggunaan di Kapal (marine)
diperlukan keahlian mekanik khusus , yang mempunyai pengetahuan dan
pengalaman tentang aplikasi di laut, terkait dengan engine performance,
torsi ,sistim pendinginan dan ketentuan lainya.
Perbedaan mesin otomotif terletak pada proses
pendinginan, mesin otomotif menerima udara segar secara terbuka dari
udara luar sedang mesin marine proses pendinginan secara tertutup
melalui sirkulasi air laut dengan bantuan sea waterpump yang dipasang di
bawah dek kapal, disamping itu mesin otomotif dirancang untuk berjalan
di berbagai kecepatan, sedangkan mesin marine dirancang melakukan kerja
throttle atau kecepatan penuh untuk sebagian besar waktunya,sehingga
sistim pendinginan menjadi prioritas hal utama dalam marinization. Saat
ini perkembangan penggunaan mesin diesel ex-truck,
ex-bus rekondisi makin banyak terpasang pada kapal dengan populasi yang
sudah cukup lumayan, dan yang menjadi alasan utama adalah faktor harga
,untuk engine otomotif yang dimodifikasi ke marine engine harganya jauh lebih murah dan mudah dalam perawatan di banding dengan marine engine aslinya.
Pertimbangan inilah yang menjadi pilihan
penggunaan mesin penggerak utama dan mesin generator pada kapal memakai
mesin otomotif rekondisi dengan tanpa
mengesampingkan modifikasi aspek teknis versi marine engine.
mengesampingkan modifikasi aspek teknis versi marine engine.
Dalam marinization beberapa hal yang perlu diperhatikan sbb :
1. Specifikasi Engine
a. Kapasitas engine ( hp atau pk ) turbo atau non turbo.( Produksi hescotrade kapasitas 45 HP - 440 HP )
b. Torsi atau Torque adalah kekuatan sebenarnya yang memutar baling-baling bukan hp atau
horse power tetapi hp dan torsi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
c. Mitsubishi Engine : 4D31, 4D34T,6D14,6D15,6D16,6D22, 8DC9,8DC11,10DC11
d. Nissan Engine : RD8,RD10,RE8,RE10,RF8,RF10
1. Specifikasi Engine
a. Kapasitas engine ( hp atau pk ) turbo atau non turbo.( Produksi hescotrade kapasitas 45 HP - 440 HP )
b. Torsi atau Torque adalah kekuatan sebenarnya yang memutar baling-baling bukan hp atau
horse power tetapi hp dan torsi merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
c. Mitsubishi Engine : 4D31, 4D34T,6D14,6D15,6D16,6D22, 8DC9,8DC11,10DC11
d. Nissan Engine : RD8,RD10,RE8,RE10,RF8,RF10
1. MENENTUKAN KECEPATAN KAPAL
Sebelum menentukan pemilihan mesin marinized Kapal perlu memerhatikan beberapa hal sbb :
a. Berat Kapal saat bermuatan maximum dan kondisi berat Minimum saat kapal belum bermuatan
b. Jenis Kapal Kayu atau Fibreglass atau Besi
c. Bentuk Lambung Kapal ( Displacement Hull atau Planning Hull atau Semi Displacement /Planning)
d. Panjang tali air Kapal.
e. Lebar Kapal
f. Tinggi Kapal
g. Draft Kapal
h. Taget speed / kecepatan Kapal yang di inginkan ( memperhatikan standard safety kecepatan yang direkomendasikan )
i. Tentukan Baling baling(propeller) yang akan dipakai berapa daun ( 2 daun,3 daun, 4 daun atau 5 daun )
j. Tentukan Diameter dan panjang As /Shaft Propeller, Material SUS 304 atau SUS 316
k. Tentukan jumlah dan type bearing yang akan digunakan.
l. Tentukan ratio Gearbox
Dari data tersebut diatas dapat dihitung berapa Power / Daya mesin yang dibutuhkan dan diameter baling baling yang sesuai.
dengan kebutuhan Kapal anda.
TABEL MESIN KAPAL
a. Berat Kapal saat bermuatan maximum dan kondisi berat Minimum saat kapal belum bermuatan
b. Jenis Kapal Kayu atau Fibreglass atau Besi
c. Bentuk Lambung Kapal ( Displacement Hull atau Planning Hull atau Semi Displacement /Planning)
d. Panjang tali air Kapal.
e. Lebar Kapal
f. Tinggi Kapal
g. Draft Kapal
h. Taget speed / kecepatan Kapal yang di inginkan ( memperhatikan standard safety kecepatan yang direkomendasikan )
i. Tentukan Baling baling(propeller) yang akan dipakai berapa daun ( 2 daun,3 daun, 4 daun atau 5 daun )
j. Tentukan Diameter dan panjang As /Shaft Propeller, Material SUS 304 atau SUS 316
k. Tentukan jumlah dan type bearing yang akan digunakan.
l. Tentukan ratio Gearbox
Dari data tersebut diatas dapat dihitung berapa Power / Daya mesin yang dibutuhkan dan diameter baling baling yang sesuai.
dengan kebutuhan Kapal anda.
TABEL MESIN KAPAL
1.1. MENENTUKAN PEMILIHAN MESIN MARINIZED KAPAL
- Crankshaft / Kruk As Mesin Diesel Marinized harus STANDARD dan ASLI / Genuine.
- Block Mesin tidak retak atau bekas perbaikan
- Pastikan Governor Mesin diganti dengan Governor Marine yang baru bukan modifikasi Governor lama untuk Marine.
- Pastikan Sistim pendinginan Mesin terpasang sesuai standard pendinginan Mesin Kapal.
- Crankshaft / Kruk As Mesin Diesel Marinized harus STANDARD dan ASLI / Genuine.
- Block Mesin tidak retak atau bekas perbaikan
- Pastikan Governor Mesin diganti dengan Governor Marine yang baru bukan modifikasi Governor lama untuk Marine.
- Pastikan Sistim pendinginan Mesin terpasang sesuai standard pendinginan Mesin Kapal.
1.2. MENENTUKAN MERK MESIN KAPAL YANG SESUAI UNTUK KAPAL ANDA
Dalam pemilihan merk mesin kapal marinized yang sesuai untuk kapal anda, biasanya tergantung pada kebiasaan mekanik atau.
KKM pengalaman pada jenis merk tertentu, untuk mempermudah dalam perawatan dan perbaikan atau mendapatkan sparepart
dipasaran.
Dalam pemilihan merk mesin kapal marinized yang sesuai untuk kapal anda, biasanya tergantung pada kebiasaan mekanik atau.
KKM pengalaman pada jenis merk tertentu, untuk mempermudah dalam perawatan dan perbaikan atau mendapatkan sparepart
dipasaran.
2. MARINE GEARBOX
Housing gearbox harus sesuai dengan housing flywheel engine yang dimodifikasi dan penyesuaian RPM dengan angka perbandingan gearbox (ratio) juga perlu diperhitungkan agar pemilihan type gearbox dan kinerja baling baling dapat optimal dan selaras dengan mesin agar Kapal dapat berjalan laju.
Housing gearbox harus sesuai dengan housing flywheel engine yang dimodifikasi dan penyesuaian RPM dengan angka perbandingan gearbox (ratio) juga perlu diperhitungkan agar pemilihan type gearbox dan kinerja baling baling dapat optimal dan selaras dengan mesin agar Kapal dapat berjalan laju.
3. MEMASTIKAN ASSEMBLY
a. Pemilihan Heat Exchanger / Cooler
a. Pemilihan Heat Exchanger / Cooler
Silver |
Marine Water Cooler
Model
|
Rated power Kw(HP) | Cool Area (m²) | Sea Water Dia. (mm) | Fresh Water Dia. (mm) | Overall Dimesion LXWXH (mm) | Net Weight (kg) |
---|---|---|---|---|---|---|
AH300 | 35(48) | 0.66 | 5/4" | Φ 50 | 480 X 147 X 254 | 16 |
(WH100) | ||||||
CH300 | 44-76 | 1.6 | Φ 38 | Φ 60 | 596 X 179 X 293 | 27.5 |
(60-108) | ||||||
CH400 | 130-176 | 2.0 | Φ 38 | Φ 60 | 716 X 179 X 306 | 32 |
(180-240) | ||||||
CH500 | 440(590) | 2.9 | Φ 50 | Φ100 | 820 X 208 X 400 | 36 |
(KH300) | ||||||
CH600 | 588(788) | 3.69 | Φ 50 | Φ100 | 1000 X 208 X 400 | 38 |
(KH400) | ||||||
CH700 | 176-200 | 2.42 | Φ 38 | Φ60 | 851 X 179 X331 | 40 |
(240-300) | ||||||
CH900 | 588 (788) | 3.9 | Φ 50 | Φ80 | 1050 X 223 X 406 | 68 |
PH300 | 588-822 | 7.79 | Φ 76 | Φ120 | 1100 X 290 X 580 | 145 |
(788-1182) | ||||||
PH400 | 1102-1320 | 9.33 | Φ 76 | Φ150 | 1180 X 290 X 580 | 155
|
(1476-1769) |
Sistim pendingin radiator
udara versi truk dilepas dan diganti dengan heat exchanger/cooler air
laut yang akan mendinginkan mesin dengan bantuan sirkulasi sea water
pump atau pompa air laut untuk mendinginkan air tawar pada cooler.
Prinsip kerja nya kalau mesin otomotif membuang panas via air radiator
dan mesin marine menggunakan water cooler yang di transfer panas nya ke
air laut dengan melalui alat tukar panas = Heat Exchanger. Banyak orang
kurang memahami masalah heat exchanger, dalam menentukan heat exchanger
harus sesuai dengan kapasitas mesin dieselnya, berapa kapasitas heat
output mesin diesel tsb....? dan berapa kemampuan heat exchanger mampu
membuang panas......? sebagai pengambil keputusan jangan sampai membeli
heat exchanger (cooler) karena factor pertimbangan murah nya saja,
dikwatirkan penjual heat exchanger memberikan saran yang salah dalam
menentukan model dan kapasitas yang lebih kecil dengan menyarankan RPM
mesin untuk dilakukan penguncian pada posisi rpm dibatasi/rendah biar
output mesin tidak melebihi kemampuan heat exchanger (mengesampingkan
faktor teknis - keputusan ekonomis yang berisiko).
Menentukan Heat exchanger dengan baik pasti
memilih kapasitas sedikit lebih besar dari kebutuhan mesin, sebab dengan
berjalan nya umur, kotoran atau scale build up akan mempengaruhi
efficiency atau kemampuan heat exchanger akan menurun.
Bila kapasitas pas-pas san dengan berjalan nya umur pasti performance Heat Exhanger akan menurun. Jika ingin tahu Heat Exchanger cukup atau tidak, geber mesin tsb pada top speed minimal 5 menit, kalau suhu mesin naik lebih dari batas suhu standard normal, Heat Exchanger nya berarti kurang besar, dengan catatan sistim pendinginan sisi air tawar kondisi sehat dan propeller sudah sesuai dan mesin mampu masuk ke RPM maksimum - sesuai ratingnya dan
lambung dalam keadaan bersih. Material Heat exchanger yang bagus menggunakan material pipa cupro-nickel ( copper-nickle 70/30 ) bisa juga pakai stainless steel asal bukan common brass, material cupro-nickel cukup mahal, material common brass biasanya lebih cepat bocor karena daya tahan terhadap korosi air laut kurang bagus.
Jangan sampai berupaya menghemat uang dengan mencari harga murah, heat exchanger yang
kurang berkualitas, resikonya bila jalur air tawarnya terjadi bocor karena korosif kemudian engine akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan bengkoknya cylinder head …..resiko berikutnya, dapat terjadi piston jam di liner yang dapat mengakibatkan patahnya conrod dan crankshaft.( berupaya hemat 10 juta tapi kerugian bisa 10 x lipat )
Bila kapasitas pas-pas san dengan berjalan nya umur pasti performance Heat Exhanger akan menurun. Jika ingin tahu Heat Exchanger cukup atau tidak, geber mesin tsb pada top speed minimal 5 menit, kalau suhu mesin naik lebih dari batas suhu standard normal, Heat Exchanger nya berarti kurang besar, dengan catatan sistim pendinginan sisi air tawar kondisi sehat dan propeller sudah sesuai dan mesin mampu masuk ke RPM maksimum - sesuai ratingnya dan
lambung dalam keadaan bersih. Material Heat exchanger yang bagus menggunakan material pipa cupro-nickel ( copper-nickle 70/30 ) bisa juga pakai stainless steel asal bukan common brass, material cupro-nickel cukup mahal, material common brass biasanya lebih cepat bocor karena daya tahan terhadap korosi air laut kurang bagus.
Jangan sampai berupaya menghemat uang dengan mencari harga murah, heat exchanger yang
kurang berkualitas, resikonya bila jalur air tawarnya terjadi bocor karena korosif kemudian engine akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan bengkoknya cylinder head …..resiko berikutnya, dapat terjadi piston jam di liner yang dapat mengakibatkan patahnya conrod dan crankshaft.( berupaya hemat 10 juta tapi kerugian bisa 10 x lipat )
b. Water Cooled Exhaust Manifold
c. PEMILIHAN STERNTUBE (KOKER)
d. PEMILIHAN OPERATION & MONITOR PANEL MESIN
e. Engine Mounting
Menentukan engine mounting juga penting, bila tidak sesuai ukuran atau pemasangan nya,
kedudukan mesin bisa tidak stabil dan bisa menyebabkan keretakan pada block mesin, terkena karena moment inertia dari putaran crankshaft/kruk-as. Engine mounting ada 2 macam type, yang flexible dan yang “mati”, tergantung pada kapal apa mesin tersebut di pasang. Jika kapal bisa lari cukup cepat dimana bisa sampai melompat lompat di ombak, hati-hati dengan penentuan engine mounting ,sebab beban G-Force di engine mounting saat kapal bermain dengan ombak bisa melebihi dari berat mesin itu sendiri. Pemasangan flexible engine mounting perlu juga diperhitungan, bukan asal main ganjal karet keras saja, faktor life time juga perlu dipertimbangkan. Jangan menyamakan engine mounting genset dengan engine mounting mesin diesel di kapal. Engine mounting genset lebih kearah meredam vibration sebagai isolator dan genset tidak dinamis hanya diam statis, sedangkan mesin kapal akan mengikuti irama lambung di laut, jadi fungsi nya berbeda.
Material stainless steel SUS 304 , SUS316 , ø 3", L 3 meter
g. INSTALASI MESIN KAPAL
INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI
BAIM 081280655852 / WA / TELEGRAM
INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI
BAIM 081280655852 / WA / TELEGRAM
Menyediakan mesin diesel rekondisi berbagai type/model khusus merk Mitsubishi ,Nissan, Isuzu dan Caterpillar , berbagai pilihan kapasitas (86HP~440HP) yang dipergunakan sebagai pengganti mesin Kapal, truk, mesin barge,LCT, mesin pompa air, mesin pompa hydrant (pemadam kebakaran), Genset, mesin Alat Berat, mesin Crane dsb
Add caption |
Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
untuk Pengadaan Segala jenis mesin Rekondisi atau Modifikasi KAPAL/MARINE,
seperti mesin YANMAR, CUMMINS, CATERPILAR, MITSUBISHI
serta GEARBOX dan GENSET terutama yang berhubungan dengan mesin kapal (marine engine),
Kami juga menyediakan kebutuhan sparepart Untuk Mesin Kapal, seperti
Crankshaft, Craneshaft, Cylinder Block, Cylinder Head, Piston, Injector, Governor,
Liner, Jet Liner, Manifold, Waterpump, SeaWaterpump,
Firepump, WaterCooler, ConRod, Metal Bearing, Spring dll
Berapa harga mesin 4D 34 PS 120
BalasHapusUntuk wilayah makassar bgm proses pemesananx.
BalasHapusUntuk wilayah makassar bgm proses pemesananx.
BalasHapusAku ada girbok 2biji bos 082228110856
HapusBerapa haga giarbok 135a dan bagai mana cara pemesanan untuk wilayah aceh
BalasHapussaya ada dari surabaya info lanjut 082331651927
HapusSore gan.
BalasHapusMohon info saya ada prahu kayu sudah di feeber uk 11m x 240 model dak datar. sebelumnya saya pakai mesin tempel 40 PK.
Pertanyaan saya !
Saya mau ganti mesin jengsed 2 slinder 33 pk.
1) Gearboxnya harus yg berapa?
2) baling baling ( propeler) uk berapa?
Terima kasih sebelumnya.
Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.
BalasHapusOli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.
Mobile : 0813-1084-9918
Whatsapp : 0813-1084-9918
name : Tommy. K
Email1 : tommy.transcal@gmail.com
saya mau tanya berapa harga mesin mitshubisi rekondisi 4 slinder lengkap dengan marine gearbox dan berapa biaya sampai di Manado sulut.terima kasih.
BalasHapusuntuk gearbox ratio 1:2 atau 1:3 ada?
BalasHapus